Senin, 04 Juli 2011

Kutil kemalin jengger ayam

jengger ayam wanitaPengertian jengger ayam atau Kondiloma akuminatum
Penyakit jengger ayam atau Kandiloma akuminatum adalah salah satu penyakit seksual yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma (HPV). Penyakit ini dapat muncul pada wanita atau pada pria, menyerang siapa saja dan dari kalangan manapun, terutama mereka yang berusia muda dan aktif secara seksual. Jika tidak ditangani sedini mungkin penyakit jengger ayam dapat berakibat fatal dan berujung pada kematian.

Penyebab jengger ayam
Penyakit jengger ayam disebabkan oleh infeksi Human Papilloma virus (HPV), virus ini memiliki lebih dari 100 jenis strain, tetapi hanya sedikit yang dapat menyebabkan kutil kelamin. HPV sangat menular dan menyebar melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi.
Faktor resiko jengger ayam
  1. Berhubungan seks tanpa kondom dengan beberapa pasangan.
  2. Sudah punya penyakit menular seksual lainnya
  3. Aktif secara seksual pada usia muda
Gejala dan tanda jengger ayam pada wanita dan pria
Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, dan leher rahim. Pada pria, kutil dapat terjadi pada ujung atau batang penis, skrotum atau anus. Kutil kelamin juga dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang telah memiliki hubungan seks oral dengan orang yang terinfeksi.
Gejala dan tanda jengger ayam (kutil kelamin) meliputi :
  1. Kutil yang kecil – kecil, menyerupai daging berwarna abu-abu dan bengkak di daerah kelamin.
  2. Beberapa kutil berdekatan yang menyerupai bentuk kembang kol.
  3. Gatal atau rasa tidak nyaman di daerah kelamin.
  4. Pendarahan ketika berhubungan seksual
jengger ayam pria Seringkali, kutil jengger ayam tidak menimbulkan gejala. Mereka mungkin begitu kecil dan datar sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kadang-kadang kutil jengger ayam dapat berkembang biak ke dalam kelompok yang besar. Kehamilan kadang-kadang dapat memicu infeksi aktif, atau infeksi aktif dapat memperburuk selama kehamilan.
Diagnosa jengger ayam
Kadang kadang bahkan seringkali kutil jengger ayam sulit terdeteksi karena itu dokter memeriksanya di bawah mikroskop yang disebut colposcope. Selain itu jengger ayam dapat ditegakkan diagnosanya melalui pemeriksaan pelvis dan tes pap smear. Pap smear bermanfaat dalam mendeteksi perubahan vagina dan serviks yang disebabkan oleh jengger ayam atau kanker serviks.
Pengobatan jengger ayam
Biasanya 30% jengger ayam hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Jika kutil jengger ayam menyebabkan ketidaknyamanan pada penederita, maka mungkin membutuhkan pengobatan berupa obat atau perawatan bedah. Biasanya virus HPV tidak pernah benar – benar hilang sehingga kutil jengger ayam dapat muncul kembali setelah pengobatan. Umumnya obat yang digunakan adalah krim yang dioleskan pada kutil jengger ayam. Dokter mungkin akan melakukan operasi jika kutil jengger ayam sudah sangat besar dan tidak berespon terhadap obat – obatan.
Obat herbal tradisional atau obat alternatif jengger ayam
Obat herbal atau obat tradisional atau obat alternatif digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi virus HPV. Adapun kutil jengger ayam harus diobati berdasarkan pengobatan medis yang dianjurkan. Obat herbal yang dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita untuk melawan infeksi HPV adalah ganoderma lucidum. Ganoderma adalah sejenis jamur kayu dari cina yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis infeksi virus termasuk HPV. m

dokter-herbal

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Saya mencoba untuk menyajikan informasi-informasi mengenai segala hal baik informasi lama maupun baru di blog ini.

pengunjung blog ini

free counters

Label

review http://infolamadanbaru.blogspot.com on alexa.com

Buku Tamu


ShoutMix chat widget